Periksa Tanggal Kadaluarsa Kosmetik


Setiap produk tentulah memiliki batas waktu terbaik untuk digunakan. Tidak hanya makanan saja yang memiliki waktu kadaluarsa. Produk-produk kosmetik juga memiliki waktu yang terbaik untuk digunakan.

Demi keselamatan kulit anda, sebaiknya produk-produk kecantikan atau kosmetik yang sudah lama tidak terpakai lagi sebaiknya dibuang saja dan jangan digunakan lagi. Janganlah pernah berfikir untuk merasa sayang membuangnya. Karena ini tentunya untuk kebaikan kulit anda juga nantinya.

Baca Juga: Ramalan Bintang Hari Ini

FDA (Food and Drug Administration) menyarankan kepada pengguna produk-produk kosmetik agar berhati-hati terhadap penggunaan produk kosmetik. FDA bahkan menyarankan agar merawat baik produk kosmetik dan menghindari pemakaian sebelum tanggal kadaluarsa kosmetik tersebut.

Produk kosmetik umumnya diformulasikan dan diujicoba untuk bisa bertahan selama 1-3 tahun. Dengan syarat, produk tersebut tersimpan dan terawat dengan baik sementara komposisi produk dan pengemasannya juga harus terjamin. Bila tidak, bisa saja produk tersebut sudah tak layak digunakan bahkan sebelum tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Produk kosmetik yang tidak disimpan dengan baik (seperti terkena paparan matahari secara langsung atau disimpan dalam suhu udara yang panas), akan memperburuk kualitasnya. Tapi jika produk tersimpan dengan baik maka produk tersebut masih bisa dipakai setelah tanggal kadaluarsa.

Namun Anda harus tetap waspada karena tetap ada kemungkinan masuknya kotoran ke dalam produk tersebut, terlebih lagi jika itu produk kosmetik untuk mata. Berikut periode ideal menyimpan produk kosmetik. Untuk lipstik sebaiknya 1 tahun, eye makeup waktunya 3 bulan, blush on waktunya 6 bulan, sedangkan untuk cat kuku selama 2 tahun, itupun jika disimpan dengan baik

Posting Komentar

0 Komentar