Hidup Sehat dengan Oat


Oat adalah makanan yang terbuat dari biji gandum utuh. Kebanyakan orang menyebutnya oatmeal.

Dilihat kandungannya, oat sangat kaya zat-zat yang baik bagi tubuh seperti serat, vitamin B kompleks, magnesium, protein, fosfor, dan berbagai vitamin lainnya.

Oat dinilai sebagai makanan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi. Apalagi karena khasiatnya dalam membantu menjaga kadar kolesterol dan gula darah tetap normal.

Berbagai penelitian telah membuktikan, mengonsumsi oat secara teratur sangat bermanfaat bagi pencernaan, kesehatan jantung, gula darah, menurunkan kolesterol, antioksidan, dan tentunya membantu menurunkan berat badan karena dapat mengontrol selera makan dan mengatur kadar glukosa dalam darah.

Serat larut di dalamnya dapat dengan mudah menyerap air sehingga menghasilkan rasa kenyang yang lebih lama. Satu lagi, oat makanan bebas garam, jadi baik dikonsumsi juga oleh pasian penderita diabetes dan jantung. 


Berikut adalah beberapa manfaat oat untuk kesehatan.

1. Menurunkan kolesterol

Mengonsumsi oat dapat menurunkan kolesterol, karena oat sumber makanan yang kaya akan serat larut, yang juga dapat ditemukan pada apel dan pir. Serat larut dapat menghambat tubuh dalam penyerapan kolesterol LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Kandungan serat di dalamnya cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol Anda. Terutama bagi Anda yang menderita kolesterol tinggi, ada baiknya bila Anda mulai mengonsumsi oat untuk sarapan. 

2. Mencegah penyakit kardiovaskular

Oat merupakan biji gandum utuh yang dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Oat mengandung sebuah senyawa kimia bernama lignan yang dapat mencegah penyakit jantung. The Dietary Guidelines for Americans 2010 merekomendasikan, mengonsumsi biji-bijian dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Oat pun dapat membantu menstabilkan kadar gula dalam darah. 

3. Tinggi antioksidan

Kandungan antioksidan yang tinggi pada oat sangat penting untuk menjaga tubuh dari radikal bebas yang berdampak buruk pada kecantikan, kesehatan, dan menjadi penyebab penyakit seperti kanker. Antioksidan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.  

4. Menyehatkan kulit

Mengonsumsi oat secara rutin dapat membuat Anda secara tidak langsung melakukan perawatan terhadap kulit Anda. Mengapa demikian? Karena kandungan antioksidan yang tinggi akan membantu berbagai lapisan kulit mengeluarkan radikal bebas akibat paparan sinar matahari atau pun polusi yang Anda hadapi sehari-hari. Apalagi untuk Anda yang bekerja di daerah perkotaan yang padat dan sering terkena asap mobil serta polusi lainnya. 

5. Baik untuk Pencernaan dan diet

Oat sebagai karbohidrat yang kaya serat, populer bagi orang yang sedang menurunkan berat badan. Serat yang terkandung di dalamnya membuat Anda tidak mudah lapar dan tergoda mengonsumsi camilan terutama makanan-makanan kecil yang asin atau manis. 

Mengganti sarapan Anda dengan oat akan memangkas banyak kalori dan membuat Anda kenyang lebih lama. Selain lebih sehat, berat badan pun lebih terkendali. Anda bisa saja menambahkan potongan buah seperti pisang dan stroberi pada oat atau mencampurkannya dengan susu rendah lemak. Tambahan susu rendah lemak juga dapat menurunkan risiko diabetes. Selain kaya serat, oat sumber magnesium yang mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. 

 

Posting Komentar

0 Komentar