Tips Agar Daging Cepat Lunak

Minggu, 11 Mei 2008

Cara yang paling cepat dan modern untuk membuat daging sapi cepat empuk dan lunak adalah menggunakan presto. tetapi ada langkah yang murah sekaligus mudah dengan bahan-bahan yang dapat kita temukan di dapur untuk membuat daging cepat lunak yaitu dengan menggunakan daun pepaya dan soda kue. Daun pepaya sangat efektif untuk membuat daging cepat lunak karena mengandung enzim papain yang dapat membuat serat-serat daging sapi menjadi cepat empuk.

Berikut cara masing-masing menurut bahannnya.

Menggunakan Daun Pepeaya.

  1. Siapkan 3-4 lembar daun pepaya yang agak lebar lalu cuci dengan bersih.
  2. Setelah dicuci dengan bersih, lalu balikkan daun pepaya dalam keadaan terbalik lalu memarkan tulang daunnya yang berwarna putih.
  3. Bungkus satu kilogram (1kg) daging sapi yang sudah dicuci tadi dalam keadaan rapat-rapat dengan 3-4 lembar daun pepaya yang telah dimemarkan tulangnya tadi.
  4. Dalam keadaan terbungkus rapat lalu diamkan selama kurang lebih satu jam, setelah satu jam lalu cuci daging sapi tersebut sampai bersih.
  5. Setelah dicuci dapat langsung dimasak sesuai keinginan.

Mmenggunakan Soda Kue

Untuk satu kilogram (1kg) daging sapi.

  1. Cuci daging sapi, lalu taruh di wadah seperti panci
  2. Siapkan soda kue. Perbandingannya untuk takaran daging dan soda kue yaitu 1 kg daging sapi dengan 1 sendok makan bubuk soda.
  3. Campurkan 1 sendok makan bubuk soda tadi dengan 1 kg daging sapi yang telah dicuci tersbut lalu aduk hingga merata.
  4. Setelah diaduk, lalu diamkan daging sapi tersebut selama kurang lebih 20 menit.
  5. Setelah 20 menit, daging sapi dapat dicuci bersih dan kemudian dapat dimasak sesuai keinginan.

demikian tip sederhana untuk melunakkan daging sapi. Untuk bahan utamanya tidak sulit ditemukan, daun pepaya mungkin ada di rumah-rumah, atau dapat dibeli di pasar tradisional. Sementara soda kue banyak kita temui di warung kecil, dan dipasar serta supermarket.

0 comment:

Wanita Indonesia

Tip Kecantikan

Tip Hidup Sehat

Resep Masakan

Artis Indonesia

Info Ponsel