Bunga Cattleya

Minggu, 11 Mei 2008

Cattleya

Bunga Cattleya yang besar, warnanya yang cantik, dan kebandelannya dalam segala cuaca, membuat Cattleya disenangi orang. Sangat pas untuk para pemula yang ingin mulai menekuni anggrek.

Cattleya (dibaca : kat-laya) dikenal sebagai The Queen of Orchids alias Ratunya bunga Anggrek. Di pasaran tersedia Cattleya hibrida dalam jenis yang amat beragam. Bahkan 90% bunga Cattleya menebarkab bau yang harum, terutama pada pagi dan sore hari. Ukuran bunganya bervariasi, antara 5 hingga lebih dari 15 meter. Tersedia dalam aneka warna, kecuali biru dan hitam. Cattleya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Banyak dikembang biakkan di Australia, Taiwan dan Thailand. Jika ditanam dari biji, tanaman ini termasuk tanaman yang lambat tumbuh, karena butuh antara 5 s/d 7 tahun hingga berbunga.

Jumlah bunga dalam satu pohon amat bervariasi. Bisa satu, dua bahkan bisa sepuluh. Meski bunganya indah, sayangnya hanya bertahan mekar selama 2 minggu. Anggrek selalu begitu. Bunganya besar dan penuh warna tapi tidak bertahan lama. Sebaliknya ada yang tahan lama tapi bunganya kecil. Tapi Cattleya ini termasuk tanaman yang bandel karena bisa tumbuh di dataran tinggi atau rendah.

Cattleya juga dikenal termasuk sebagai Free Blowering, Cattleya tidak mengenal musim dan kapan saja bisa berbunga tanpa mengenal waktu. Dalam setahun bisa berbunga 3 sampai 4 kali, setelah bunga layu maka dalam waktu 3 atau 4 bulan akan berbunga lagi. Tak heran bila banyak yang suka dengan bunga ini. Harga Cattleya bervariasi, umumnya antara 150-600 ribu. Jika pohonya besar dan daunnya rimbun, bisa dijual sekitar Rp. 1,2 juta.

Cattleya mudah juga dalam masalah perawatannya. Cukup diberi sedikit peneduh sekitar separuh bagian. Kena panas matahari juga tidak menjadi masalah. Penyakit yang mendekati Cattleya pun enggak banyak. Cukup beri fungisida seminggu sekali untuk menghindari tumbuhnya jamur. Hati-hati dengan penggerek daun dan serangan virus.

Perlu Cahaya

Dalam menanam Cattleya, ada satu kondisi yang sering dikeluhkan para penghobi yaitu bunga Cattleya lambat sekali membesar. Yang terjadi hanya daunnya saja yang membesar. Hal ini dikarenakan kekurangan cahaya. Letakkan di bawah tempat yang sinar matahari, maka bunga Cattleya akan segera membesar. Itu sebabnya Cattleya juga cocok untuk pemula. Media tanam yang digunakan pun tidak terlalu rumit, dapat menggunakan arang, pakis atau cacahan sabut kelapa. Pot dapat dibuat dari tanah liat atau pos plastik. Kalau pso plastik, harus dipilih yang khusus anggrek, yang banyak lubangnya. Ini penting untuk mnghindari genangan air yang dapat membuat tanaman busuk.

0 comment:

Wanita Indonesia

Tip Kecantikan

Tip Hidup Sehat

Resep Masakan

Artis Indonesia

Info Ponsel